MOBILITAS YANG TINGGI SUDAH JADI HAL YANG NORMAL BAGI
KEHIDUPAN WARGA JAKARTA, DAN BUKAN HAL YANG WAJAR JUGA DITENGAH MOBILITAS YANG
TINGGI, BAN BOCOR MENJADI KENDALA UTAMA SAAT KITA BERKENDARA. YAP, MEMANG SUDAH
MENJADI RAHASIA UMUM BAHWA BEBERAPA TITIK DI JAKARTA MENJADI PUSAT RANJAU
DARAT, BAHKAN ADA TIM KHUSUS YANG SUKARELA MENYAPU RANJAU-RANJAU DARAT YANG
BERTEBARAN DI JALAN RAYA. ENTAH ADA OKNUM-OKNUM YANG DENGAN TUJUAN TERTENTU
MENYEBAR BERBAGAI MACAM BENDA TAJAM DI SEPANJANG JALAN ATAU MUNGKIN JUGA
BENDA-BENDA TERSEBUT TIDAK SENGAJA JATUH DARI KENDARAAN ANGKUTAN BARANG. TAPI
YANG JELAS, BAN BOCOR KARENA TERTUSUK BENDA TAJAM ADALAH HAL YANG WAJAR DI KOTA
JAKARTA.
BIASANYA, BAGAIMANA CARA KALIAN MENYELESAIKAN MASALAH
TERSEBUT? DATANG KE TUKANG TAMBAL BAN, LALU MENAMBALNYA DENGAN TAMBAL TUBELESS.
YA, SEMUA ORANG MELAKUKAN HAL TERSEBUT KARENA MEMANG CARA TERSEBUT YANG UMUM
DILAKUKAN DIMANA-MANA. TAPI TAHUKAH KALIAN BAHWA PROSES PENAMBALAN TERSEBUT
SEBENARNYA TIDAK TEPAT? BERIKUT ADALAH 8 ALASAN KENAPA KAMU TIDAK SEHARUNYA MELAKUKAN
TAMBAL TUBELESS.
1. MEMPERBESAR KERUSAKAN SERAT BAN
BAN KENDARAAN MERUPAKAN SALAH SATU KOMPONEN PENTING UNTUK
ANDA BERKENDARA SELAMA DI JALAN RAYA. KONDISI BAN YANG PRIMA MEMBERIKAN
KENYAMANAN SERTA KEAMANAN DI JALAN RAYA. WALAUPUN TERLIHAT HANYA SEPERTI KARET
BERBENTUK BUNDAR YANG BERTEKSTUR, PADA STRUKTUR BAGIAN DALAMNYA, BAN TERDIRI
DARI SERAT-SERAT KAWAT YANG TERSUSUN SEDEMIKIAN RUPA MEMBENTUK SUATU IKATAN
YANG KUAT.
KETIKA BAN KAMU TERTUSUK BENDA TAJAM (PAKU, BAUT, DSB) SALAH
SATU SERAT TERSEBUT PASTI PATAH ATAU RUSAK YANG DIAKIBATKAN OLEH BENDA TAJAM
TERSEBUT. BAGAIMANA PENDAPATMU KETIKA KAMU TAHU BAHWA TUSUKAN KECIL YANG
DISEBABKAN OLEH PAKU ITU MEMBUAT SERAT BAN RUSAK? BAYANGKAN, DENGAN PENGGUNAAN
CARA TAMBAL BAN TUBELESS, BAN KAMU YANG LUKA TERSEBUT MALAH DITAMBAL DENGAN
SESUATU YANG LEBIH BESAR. BUKANNYA MEMPERBAIKI, MALAH MAKIN MEMPERBESAR
KERUSAKAN PADA SERAT BAN.
2. MEMPERBESAR LUBANG KEBOCORAN
PADA UMUMNYA, HAL YANG DILAKUKAN SAAT PERBAIKAN DENGAN CARA
TAMBAL TUBELESS, ADALAH MENUTUP KEBOCORAN DENGAN CARA MENUSUKKAN TAMBALAN
CACING KEDALAM BAN. SERING TERJADI, KEBOCORAN BAN AWALNYA HANYA BERDIAMETER 2
MM, NAMUN UKURAN ALAT TUBELESS YANG DIGUNAKAN LEBIH BESAR DARI 2 MM. DENGAN
KATA LAIN, TEKNIK TAMBAL TUBELESS DAPAT MEMPERBESAR LUBANG MENJADI 5 MM DAN
JUGA MENAMBAH KERUSAKAN SERAT BAN (MEMATAHKAN SERAT BAN) MENJADI 5 MM. TANPA
ANDA SADARI, INI HANYA AKAN SEMAKIN MEMPERBURUK AREA KERUSAKAN.3. PEKERJAAN
DILAKUKAN BUKAN OLEH TENAGA PROFESSIONAL DENGAN STANDARD OPERATIONAL YANG BENAR
SEPERTI YANG KITA TELAH BAHAS DIATAS BAHWA BAN TERDIRI DARI
LAPISAN-LAPISAN SERAT KAWAT. UNTUK MELAKUKAN REPARASI, TENTUNYA KITA PERLU
MENGETAHUI KONDISI SERAT BAN SAAT ITU, DIMANA LETAK KEBOCORAN YANG HARUS
DIPERBAIKI, APA CARA PENAMBAHAN YANG TEPAT UNTUK KONDISI KERUSAKAN BAN
TERSEBUT. TANPA PENGETAHUAN SECARA MENYELURUH, PERBAIKAN YANG DILAKUKAN MUNGKIN
SAJA TIDAK TEPAT, BERSIFAT SEMENTARA DAN TIDAK PERMANEN. PROSES PENAMBALAN YANG
TIDAK TEPAT INI TIDAK HANYA MERUGIKAN TAPI JUGA BERPOTENSI UNTUK MENIMBULKAN
KERUSAKAN YANG TERAKUMULASI DAN LEBIH BURUK. PADA AKHIRNYA, SANGAT BERPOTENSI
UNTUK MEMBAHAYAKAN KESELAMATAN KITA SAAT BERKENDARA. APAKAH KALIAN RELA
KESELAMATAN ANDA DISERAHKAN KEPADA TENAGA AHLI BUKAN PROFESSIONAL?
4. PENAMBALAN TIDAK TEPAT SASARAN DAN MEMBUAT LUBANG BARU
DIKARENAKAN BAN TIDAK DILEPAS DARI VELG SEHINGGA TIDAK
ADANYA PROSES PEMERIKSAAN YANG MENDALAM. MAKA
SERING TERJADI PROSES PENAMBALAN TIDAK TEPAT SASARAN. SECARA KASAT MATA,
LUBANG BERADA DISEBELAH TITIK (X1,Y1) TAPI TERNYATA TAMBALAN CACING DITUSUK
PADA TITIK (X2,Y2). HASILNYA ADALAH NO TERTAMBAL, ADANYA ADALAH LUBANG BARU.
5. BOCOR LAGI
BAN MEMILIKI KOMPONEN UTAMA DARI KARET, DIMANA KARET
BERSIFAT ELASTIS. JADI, KETIKA KARET DIREGANGKAN SECARA PAKSA, MAKA SECARA
NATURAL AKAN KEMBALI MERAPAT KE TITIK RELAKSASINYA. DEMIKIAN TEORI YANG
DIGUNAKAN UNTUK TAMBAL TUBELESS. BAN YANG BOCOR, DIPAKSA UNTUK MEMBUAT LUBANG
YANG LEBIH BESAR DAN PADA LUBANG TERSEBUT DIMASUKKAN KARET PENAMBAL BAN (BIASA
DISEBUT “CACING”) YANG TELAH DILUMURI DENGAN LEM DIMANA DENGAN SIFAT DASAR
KARET AKAN MENUTUP TITIK KEBOCORAN SETELAH PENYUMBATAN. KETIKA TITIK KEBOCORAN
DIRASA SUDAH RAPAT, MAKA BAN SIAP DIPAKAI KEMBALI. AKAN TETAPI, SAYANGNYA KARET
MEMILIKI TITIK ELASTISITAS YANG AKAN PUDAR SETELAH BEBERAPA WAKTU. ALHASIL,
TITIK KEBOCORAN TERSEBUT BERPOTENSI UNTUK BOCOR LAGI KARENA ELASTISITAS KARET
YANG MENURUN.
6. BIAYA UNTUK REPARASI BERTAMBAH
DIKARENAKAN BOCOR KEMBALI. ALHASIL, KAMU HARUS MENGELUARKAN
KOCEK LAGI UNTUK MENAMBAL DI TITIK BOCOR YANG SAMA. YANG AWALNYA DIRASA SEKALI
TAMBAL CUKUP, TERNYATA TITIK BOCOR TERSEBUT MEMAKSA KITA UNTUK MEROGOH KOCEK
YANG SAMA DI MASA DEPAN, MASA DEPANNYA LAGI, DAN MASA DEPANNYA LAGI KARENA
TERNYATA POINT NO 5 ITU TERULANG LAGI DAN LAGI. MAKE SENSE KAN? KAN KALIAN
MELAKUKAN HAL YANG SAMA, PASTINYA AKAN BERULANG JUGA.
7. KESEL KARENA HARUS BALIK LAGI DAN LAGI
MELAKUKAN HAL YANG BERULANG-ULANG PASTINYA BIKIN KITA KESEL.
SELAIN MEMBUANG UANG, MENGHAMBAT PERJALANAN, DAN YANG PALING UTAMA ADALAH
MEMBUANG BANYAK WAKTU. SEHARUSNYA KITA DAPAT MELAKUKAN BANYAK PEKERJAAN DIHARI
ITU, TAPI HARUS TERPOTONG KARENA HARUS MENAMBAL BAN KEMBALI. LEBIH BAIK KITA
HABISKAN WAKTU UNTUK GYM KAN?
8. SETELAH MENGELUARKAN UANG BANYAK UNTUK TAMBAL TUBELESS,
AKHIRNYA GANTI BAN JUGA
KETIKA BAN KAMU DITAMBAL BERULANG-ULANG DI LOKASI YANG SAMA,
PASTINYA LUBANG DI TITIK TERSEBUT SEMAKIN BESAR DAN SEMAKIN BESAR. COBA
BAYANGKAN, KETIKA LUBANG SEMAKIN BESAR, ARTINYA TIDAK CUKUP HANYA 1 KARET
PENAMBAL SAJA YANG DIBUTUHKAN, BISA 2 ATAU 3 UNTUK 1 KALI PENAMBALAN. BIAYA
YANG KAMU KELUARKAN AKAN SEMAKIN BESAR DAN HINGGA DI 1 MASA KETIKA LUBANG YANG
SUDAH TERLALU BESAR TIDAK AKAN SANGGUP DIPERBAIKI LAGI. YANG KAMU LAKUKAN
ADALAH MENGGANTI BAN TERSEBUT DENGAN BAN YANG BARU. WELEH, SUDAH KELUAR KOCEK
BANYAK UNTUK MEMBETULKAN BAN, EH DITAMBAH HARUS BELI BAN YANG BARU SEKARANG.
PADAHAL, BISA JADI ITU ADALAH BAN BARU YANG MASIH BAGUS KONDISI TAPAK-TAPAKNYA.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar